ROH KUDUS PENDUKUNG PARA PEKERJA PELAYANAN KRISTUS

Spread the love

(Yoh.14:8-17, 25-27)

Hari ini kita merayakan dan memperingati suatu peristiwa yang sangat penting bagi orang percaya, yakni perisiwa turunnya Roh Kudus ke atas murid-murid yang kita kenal dengan nama Hari Pentakosta. Makna terpenting dalam peristiwa ini sejatinya adalah bahwa Tuhan Yesus sungguh-sungguh menepati (menggenapi) janji-Nya untuk memberikan penolong (penghibur) yakni Roh Kudus seperti yang telah dikatakan-Nya kepada murid-murid sebelum Ia disalibkan. Dan dengan itu kita, orang-orang percaya hingga pada saat ini, diingatkan dan diteguhkan kembali akan pimpinan dan pekerjaan Roh Kudus yang tetap bekerja di dalam diri kita hingga sekarang. Kita diingatkan bahwa diri kita adalah orang yang dipimpin Roh Allah sehingga menjadikan kita sebagai anak Allah.

Tema dalam renungan ini adalah: “Roh Kudus pendukung para pekerja pelayanan Kristus”. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa salah satu keunikan manusia, yaitu hanya percaya ketika sudah melihat bukti (mis. Ilmu kedokteran, obat-obatan, dunia bisnis, dalam keluarga, dunia hukum, dsb). Jika tidak terbukti maka tentulah tidak dapat dipercayai. Demikian juga dalam kehidupan beriman, kita manusia seringkali meminta bukti. Ketika berada dalam berbagai macam pergumulan hidup dan dalam kepenatan serta kesulitan, sering manusia mempertanyakan kehadiran dan campur tangan Tuhan. Mengapa hal ini terjadi? Padahal sangatlah penting merasakan kehadiran Tuhan dalam hidup baik secara pribadi maupun dalam kehidupan bersama untuk menopang, menguatkan dan mendukung kehidupan kita.Tujuan perenungan ini adalah supaya jemaat memahami kembali peranan Roh Kudus bagi kehidupan dan pelayanan yang kreatif dari gereja-Nya. Peristiwa Pentakosta menjadi sebuah kisah yang membuktikan bahwa Tuhan Yesus menepati (menggenapi) janj-Nya. Setelah 10 hari Dia naik ke sorga, maka Roh Kudus turun ke atas murid-murid yang tetap bertekun dalam doa bersama-sama (Kis.2:14). Dampak dari turunnya Roh Kudus itu adalah bahwa murid-murid penuh dengan Roh Kudus sehingga merekan dapat berkata-kata dalam bahasa lain. Dengan berani (suara nyaring) Rasul Petrus berkotbah tentang apa yang sesungguhnya terjadi kepada murid-murid sehingga hasilnya pada saat itu banyak orang bertobat dan memberi diri mereka dibaptis. Kita melihat bahwa Roh Kudus memang telah menjadi pendukung para murid (dan juga semua pekerja Kristus hingga pada saat ini) di dalam melanjutkan karya dan pekerjaan Kristus di tengah-tengah dunia. Murid-murid mendapat kekuatan yang membuat mereka sanggup berkata-kata dalam bahasa lain. Selain itu Roh Kudus juga memampukan para murid untuk menjadi berani di dalam bersaksi kepada orang lain pada saat itu. “Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru ya Abba, ya Bapa!”(Rom.8.15).

Lalu, apa dari perenungan Firman Tuhan ini yang dapat kita terapkan di dalam kehidupan kita sehari-hari?

  1. Roh Kudus yang kita rayakan pada hari Pentakosta ini adalah sebuah bukti yang diberikan kepada kita untuk menunjukkan karya Allah. Allah tidak pernah ingkar janji. Allah adalah Tuhan yang pasti akan selalu menepati Janji-Nya. Dalam kehidupan kitapun demikian. Setiap harapan yang kita miliki pada saat ini, percayalah bahwa Allah pasti akan menepati janji-Nya kepada kita.
  2. Sama seperti murid-murid, yang mengalami perubahan pasca Roh Kudus turun atas mereka (dari bimbang menjadi percaya, dari takut menjadi berani), maka kita juga dapat mengalaminya dalam kehidupan kita pada masa kini. Kita juga akan dimampukan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang Allah percayakan kepada kita yakni bersaksi memberitakan Injil. Selain itu kita juga meyakini bahwa Roh Kudus akan memampukan kita untuk berani bersaksi tentang iman kita di tengah-tengah dunia ini.

 

Pdt. Luther Novryaman Lase

2 thoughts on “ROH KUDUS PENDUKUNG PARA PEKERJA PELAYANAN KRISTUS

  1. Parulian says:

    Haloo

  2. Andreas says:

    syaloom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *